PANGGIL AKU LAGI

Karya Muhammad Yunus Ruang Kepala Sekolah. Tampak Pak Bengis sedang asyik membaca koran sambil menyalakan televisi. Tampak juga bu...

Kamis, 12 September 2013

Akhir Ajal Paman Rasulullah saw

Ketika Abu Thalib hampir mengemhembuskan nafas terakhirnya, Rasulullah saw bersabda,"wahai,pamanku! ucapkanlah la ila ha illallah (tiada tuhan selain allah ) agar aku dapat membela paman di hadapan allah SWT."

namun, abu jahal dan abdullah bin abu umayyah tak henti hentinya membujuk abu thalib agar mengucapkan sesuatu sesuai dengan agama abu mutholib.

rasulullah saw kemudian bersabda,"paman,aku akan mintakan ampun kepada allah selagi aku tidak dilarang berbuat demikian."

maka turunlah QS. at-taubat (9):113
"tiadalah sepatutnya bagi nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada allah) bagi orang-orang yang musyrik. walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya). sudah jelas bagi mereka bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam."

ayat di atas turun sebagai larangan untuk memintakan ampun bagi kaum musyrik.
(dikutip dari :365 kisah teladan islam: karangan ariany syurfah, M.Hum, M.Ag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita teladan

Pada suatu ketika, Nabi Musa AS sedang duduk. Tiba-tiba, datang iblis dengan memakai songkok.

Ketika mendekati nabi musa, iblis lalu membuka topinya. Nabi Musa lalu bertanya padanya, “siapakah kamu?”

“aku iblis,”jawab iblis

“apa maksud kedatanganmu kesini?” tanya nabi musa

“memberi salam padamu.karna kedudukanmu mulia di sisi Allah SWT” jawab iblis.

Nabi Musa bertanya pada iblis, ‘’ lalu, topi apa yang kamu bawa itu?”

Iblis lalu menjawab,”topi ini untuk mencuri dan menawan hati anak adam.”

Nabi Musa lalu bertanya,”dosa apakah yang dilakukan anak adam sehingga kamu dapat menguasainya?”

Iblis lalu menjawab,”jika ia bangga diri, merasa banyak amal, dan lupa akan dosanya. Maka di situ aku berkuasa padanya.